Kamis, 28 Januari 2016

5 Penyakit Pemula Bisnis Online

5-penyakit-pemula-bisnis-online.jpg



Menurut salah satu Internet Marketer Mas Agus Sakti, ternyata ada penyakit yang menjangkiti para pemula (newbie) di dunia internet marketing ato saat belajar bisnis online. Dan penyakit tersebut pernah dirasakan beliau. Silakan baca materi penyakitnya di bawah ini :

 1. Tidak Punya Tujuan 

 Bahwa mereka belum mengerti atau paham 100% tujuan untuk melakukan bisnis online. Mereka mengira atau menganggap bahwa bisnis online merupakan pekerjaan untuk mendapatkan penghasilan sampingan. Namun bisnis online bukan pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan sambil tidur dan menjalankan bisnisnya dengan sepenuh jiwa dan raga. Dengan kata lain mereka ingin “mengubah definisi” pekerjaan utama bisnis dengan tafsir “pekerjaan sampingan.” Ini tidak salah. Tetapi kurang tepat. Menjadikan bisnis online sebagai pekerjaan sampingan karena hal itu cukup susah. Kalaupun ada yang berhasil, mungkin skalanya 1:10. Atau, lebih buruh dari itu, nol koma sekian. Agaknya kurang tepat memiliki tujuan bisnis online untuk pekerjaan sampingan. Bisnis ini agak menyita banyak waktu, tenaga, dan pikiran. Bisnis online yang paling sederhana sekalipun membutuhkan perhatian yang cukup menyita pikiran.

 2 . Mudah tergiur 

Anda pasti user facebook yang aktif, bukan? Banyaknya screenshot tentang earning dari para mastah adalah racun yang paling jahat(= baca berbahaya). Ini dapat mengubah pendapat dan pikiran Anda dalam sekejab. Akibatnya, rencana Anda akan berantakan. Total! Tentu, ini akan merugikan Anda. Sebaiknya, jangan mudah tergiur. Selesaikan dulu satu materi atau model bisnis yang paling mudah dikerjakan. Jika sudah mengerti polanya, bisa mencari bisnis yang lain. 

 3. Susah fokus 

Screenshot yang bertebaran tersebut akan merasuk pada ruang pikir yang paling dalam di otak Anda. Akibatnya, Anda bakal susah fokus. Hingga detik ini, saya belum pernah menemukan orang yang sukses di bisnis online dengan tipe kepribaian yang susah fokus. Fokus membutuhkan tingkat konsentrasi tinggi dipadukan dengan niat tulus dan pasrah menekuni bisnis online. 

4. Overload 

Ini yang sering terjadi, banyak sekali informasi yang diserap. Seharusnya, kita harus hemat storage di otak kita. Sayang banget kalau kapasitas otak penuh dengan informasi yang tidak diperlukan. Cukuplah satu jenis pelajaran bisnis online yang paling sesuai dengan apa yang ingin kita kerjakan. Selebihnya, fokus pada proses, mengenali alur dan pola bisnis tersebut. Setelah memahami betul teknis yang ada, baru kerjakan model bisnis yang lain. 

5. Tidak percaya diri 

Dari 4 penyakit newbie di bisnis online, ini adalah jenis penyakit yang menyedihkan; kurang percaya diri. Mungkin maksudnya supaya akrab, beberapa newbie rela merendahkan dirinya di hadapan para mastah. Ini yang paling menyedihkan. Definisi psikologis dari penyakit ini adalah inferior. Menurut Pramoedya Ananta Toer, ini adalah mental terjajah. Mental ini sangat bahaya sekali, membuntukan akal, dan membekukan kreativitas. Memang, menjalin relasi dengan para pebisnis online yang sudah sukses itu penting banget. Tetapi, sikap inferior adalah mental yang terlalu berlebihan. Memilih sikap untuk lebih percaya diri merupakan opsi yang bagus. Menjalin relasi dengan para senior juga merupakan sebuah keharusan supaya ide bisnis kita semakin berkembang.

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar